Melahirkan di dalam air dengan metode Water Birth

Woow setahun lebih ternyata ga update blog, dan ceritanya sudah lanjut sampai dengan melahirkan di dalam air dengan metode water birth di BaliπŸ™‚ Mari kita lanjutkan.. :p

Yup.. kayaknya pernah ada bahasan kapan merencanakan kehamilan deh, dan rencana memang tinggal rencana, berencananya kapan, dikasihnya kapan.. Itulah manusia. Ceritanya, kita berdua udah hampir pasrah setelah sekian lama merencanakan, belum juga berhasil (usahanya ga sungguh2 sih :p).. dan ada cerita lucu dibalik semuanya.. Seperti biasa, tiap bulan beli test pack murmer, kali aja berhasil.. kayaknya yg jual udah bosen deh ngejualin testpack.. belinya banyak lagi, dan lagi lagi, anda belum beruntung hehehehe.. Harusnya bukan testpacknya yang dibanyakin, pikirannya yang dilonggarin.. wkakakaka.. Dan sampailah, di bulan Oktober 2012 testpack yang biasanya lempeng2 aja satu garis, sedikit samar2 jadi 2 garis … taraaaaaaaa kita berdua langsung ceeeepppp… taraaaa hiks, mengharu biru :*

IMG01567-20130625-1329

Cerita lain, sebenernya sudah lama kita pengeeen.. entah kenapa kok malah pas dikasih itu, pas kita ga pake pembantu ya.. ceritanya, tiba2 aja si mbaknya mas azka pulang mendadak.. udah hampir 1 bulan tanpa pembantu, terpaksa toko tutup, dan aku pun sempet kena gejala typus -sebenernya ini gejala hamil bukan sih :P-, kecapekan juga kayaknya. Dan tercetus dari BM ku pas sama2 sarapan, mbak Dewi ati2 biasanya typus bisa jadi hamil lho.. deg.. iya ya.. udah lama ga test, cuma tes terakhir masih garis satu aja. cuma widal emang positif, dan ga sampe sih minum antibiotiknya.. cuma istirahat aja 3 hari. naaa lucunya, beberapa hari setelah itu, kebetulan di kantor lagi med check tahunan, aku kepikir kok ga test hamil dulu ya, besok kan rontgen dll.. kok belum dapet mens ya.. ah biasanya telah2 aja dan ga hamil, hiks.. tetep ah tes.. bener itu yg di atas kejadian kaaann… dan segeralah hunting dokter kandungan..

Entah dulu itu apa keyword buat nyari dokter kandungan, seingetku melahirkan di dalam air dengan metode water birth di Bali, gara2 ceritanya ummi pandan pastinya hehehe.. sampailah ke dokter I Nyoman Hariyasa Sanjaya.. upsss cowok pula. dag dig dug, dengan seijin suami, dan agak maksa, aku putuskan periksa ke dokter Hariyasa di Kasih Medika. Ketemu kasih medika juga dari sini .

Cerita beralih ke dokter Hariyasa Sanjaya.. Jadi, ringkas cerita beliau terkenal sebagai pejuang water birth, gentle birth, home birth. Apa itu ketiganya, dalam bahasaku, aku lebih memahami ketiganya sebagai bagian dari teknik melahirkan secara alamiah. Definisi lengkap bisa googling sendiri donk yaπŸ˜€. Kenapa aku memilih itu, memang melahirkan itu hal yang alamiah, sakit itulah yang diperlukan, dengan sakit artinya ada kemajuan untuk menuju saat2 yang ditunggu2, melahirkan. Namun, metode untuk mengurangi rasa sakit itu salah satu caranya dengan persalinan di dalam air dengan metode water birth. Berawal dari situ, aku mencoba mencari tau bagaimana water birth dan apa pro kontranya, dari sekian banyak bacaan, yang selalu jadi kebimbangan adalah : apakah kolam itu steril? bakteri masuk ke mulut bayi? bayi kemasukan air? … dan dijawab oleh dokter hariyasa, vagina itu sangat banyak bakteri, sedangkan waterbirth, air itu mengalir bergantian. Bayi di dalam kandungan itu juga di air, ketika dia lahir dalam air, tentunya perjalanan dia ke dunia akan berjalan lebih smooth. Tentunya, syarat2 untuk waterbirth itu sangat diperhatikan, misal detak jantung bayi, kondisi ibu, kondisi bayi, dll.. dan saya memutuskan untuk itu.

Dokter Hariyasa Sanjaya, praktek di Kasih Medika Jl. Diponegoro 150, pertokoan Diponegoro (genteng biru) IDT Blok B No. 5 Denpasar Bali No. telp 0361-231628. Praktek mulai pukul 17.30 – 21.30 wita. Sebelumnya kita bisa daftar dahulu, namun tetep deh kayaknya sesuai kedatangan. Biaya konsultasi juga tidak mahal, 100 ribu an untuk kehamilan dan ditambah untuk biaya tindakannya tergantung, misal USG 125 rb, ataukah periksa yang lain. Selebihnya resep, bisa ditebus di sana maupun tidak. (bagiku, untuk ukuran dokter seprofesional dia, sangat murah). Ruang praktek sangat nyaman, lengkap dan yang penting dia dokter yang humble (untuk ukuran seprofesional, seterkenal dan sesibuk beliau). Sebenernya dia bukan hanya dokter, tapi lebih ke motivator. Setelah 9 bulan banyak berdiskusi dengannya, sebenarnya yang paling berperan bukan hanya dokter, tapi diri si ibu sendiri, motivasi si ibu sendiri. Saat konsultasi, setelah periksa si adek, dan lega klo dia udah bilang everything’s oke mba dewi..πŸ™‚.. nah tiba saatnya kita diskusi, mulai dari KPR, harga property, bank syariah, melahirkan, motivasi, BBM, banyak sekali yang saya dapat. Banyak perubahan cara pandang saya terhadap sesuatu berkat diskusi dengan dia. Yang selalu saya ingat, “jalan lahir adalah jalan surga, ketika seseorang melahirkan dia bertemu dengan surga, bertemu malaikat, meninggal pun menjadi syuhada, bagaikan dia sedang berjihad di jalan Allah” tidak perlu takut mba Dewi, harus semangat.. Allah memberikan anak, tentunya sudah mengatur mana jalannya… Ayo kita perjuangkan gentle birth” hemmm merinding saya… semakin yakin dia dokter yang baik dan suamikuh tersayang juga semakin yakin. Meski awalnya aga2 parno, karna 2x harus periksa usg trans-v agak risih, tapi yang membantu bidan2 yang cantik2 dan baik2, si pak dokter tidak menyentuh apapun pastinya. hemmm my fav doctorπŸ™‚.. Ini dia buku kehamilan klo kita milih WB

IMG01568-20130625-1714

Perjalanan kehamilan berjalan cepet, seneng sekarang ditungguin suami, ada kakak azka, ada keluarga yang deket. Dibandingkan pas azka dulu, masih jauhan,tinggal di kost-2an jl sriwijaya.. hiks.. begitulah.. Menyenangkan. Hamil itu selalu menyenangkan. TIdak ada keluhan, kenaikan berat badan juga rasanya biasa aja, 65 jadi 76 itu 11 kiloan ya,,, awalnya emang udah endut, karna program, dan sekali lagi, ga ada pembantu malah makan macem2, hati senang, jadinya endut deh.. Kenaikan dedeknya di perut yang agak2 syok, hehehe.. dokter sempet warning, hati2 ya mba, bisa 4 kilo nanti, tapi ga papa, tetep semangat hehehe.. Ketauan jenis kelamin dedek pas usia 20 minggu, pas periksanya ditemenin tante Fitri huhun.. karna mas helmynya lagi habis sakit. EDD sebenernya 1 juli, entah mengapa pas periksa kehamilan di tgl 8 juni 2013 dokternya udah yakin aja ini maju, dan bilang congratullation mba dewi, everything’s oke, maybe tomorow, or next week, but see u in hospital aja ya wkakaka.. syok.. sambil nanya, dok, tapi masih 1 juli kan dok? dokter jawab,, yes actually. wkakaka.. karna aku trmasuk pasien bandel, setiap kontrol nyari jam terakhir, dan sering telat dateng, dan beberapa kali menjumpai dokternya udah mau ada partus.. nasib, tapi dia baik.. selalu melegakan. hahahaha.. ini lho.. fotoku pas hamil hehehe narsis

IMG01470-20130424-1003

Insting ibu itu banyak benernya. Entah mengapa 2 minggu sebelum 12 juni itu, bawaanya pengen beres2. Mulai belanja2, bersihin rumah, bersihin baju2 bayi, ngepel. padahal masih 1 bulan lagi. Sampe suami aku marah2in, karna belum nyuci stroller dengan alasan masih lama. hehehe.. entah mengapa, perasaan awalku tgl 25 juni bakal lahir, kayak azka dulu maju 1 minggu. trus aku banyak gerak, banyak kerja, jalan2 di taman kota. kayak udah EDD deket aja deh. nah, kayak dipasin aja, aku nunggu si irwan, analisku slesei habisin cuti 2012, sama nunggu mba fenny slese cuti. tgl 10 Juni BM adain rapat penyelia, sampai jam 9 aku ga kuat, minta pulang.. paginya udah keluar lendir kuning.. tapi ga sakit, cuma pegel aja lama2 duduk sampai jam 9 buat meeting. besoknya ada amanah day sampai jam 9 malem juga, nah di situ, aku sorenya beres2 laci kantor, semua kertas bekas udah aku hibahin, dan file2 emang udah aku kasih2in ke semua temen2 yang gantiin sejak 1 juni lalu. Rencana cuti masih 17 juni, tapi 11 juni ini aku bener2 habis2an, beres2, kayak udah besok mau meninggal aja hehehehe.. pas amanah day udah krasa sih, perutku kenceng bagian bawah, makanya yang lain pada dengerin meeting, aku jalan2 di koridor.. sampe si irwan nanya, mba udah mau brojol ya? hehehe..iya kali wan heehehehe..

Nah pemilihan rumah sakit untuk melahirkan di dalam air dengan metode water birth di Denpasar Bali, awalnya aku memilih di Bali Royal Hospital, untuk kelas 1, biaya WB plus kamar kurleb habis hampir 8-9 juta. trus aku tanya di Harapan Bunda, untuk kelas 1 totally hampir 6 juta. Trus aku nanya ke dokter hariyasa, apa bedanya dok? dia menjelaskan di Harapan Bunda baknya bundar jadi memungkinkan akses dari segala penjuru. Klo di Bross, seperti Jacuzy. boleh silahkan di survey dulu (aku survey tgl 8 juni donk).. Ada pesan dari dokter Hariyasa, pilihlah tempat bersalin yang bersahaja, dan biasakan anak sejak lahir dengan lingkungan yang bersahaja. Di Bross tau sendiri bak rumah sakit level hotel bintang 5, klo Harapan Bunda seperti hotel melati, nuansanya seperti rumah, sangat bersahaja. Sempet ada masukan, temen2, bahwa di HB alatnya sering rusak, dan bidannya kurang bersahabat. ehmmm aku mikir, masak sih mau disengaja alat rusak dibiarin, masak dokter hariyasa membiarkan. Dan solusinya di birth plan ku, aku tulis untuk alat2 itu agar jangan sampai rusak. Tapi klo dipikir ya, semua udah disiapin,tapi klo ternyata tiba2 rusak, dan air harus ngampu manual, apa itu kerusakan yang disengaja?.. aku yakin aja, bismillah lancar atau ga, kita tidak boleh mengeluh, gimana2pun keluhan2 itu malah akan memperparah rasa sakit, dan bisa mengacaukan proses melahirkan itu sendiri. sabarrr.. sudah mending jaman sekarang udah ada alat seperti ini, bayangin dulu ibu kita di bidan, baik2 aja anaknya banyak. hemmm intinya sabar dan bismillah. Aku memilih HB. Dan di HB tidak menerima booking kamar. jadi langsung dateng bawa birth plan, nanti akan diurusi.πŸ™‚ Harapan Bunda ada di Jl. Tukad Unda Renon Denpasar. Nomer telpon 0361-265533.

Dan tiba saatnya melahirkan …

1. Tanggal 10 Juni keluar lendir kuning, kayaknya ga ada kontraksi.. Masih kerja.. Meeting sampai jam 21.00 – suruh pulang paksa sama mas helmy

2. Tanggal 11 Juni aktivitas seperti biasa, amanah day sampai jam 21.00πŸ˜€, jam 21.30 keluar lendir bercampur darah kayak mens.. taraaaa.. wot hepen ini.. pulang2 amanah day langsung begini.. mana Azka udah peluk2 perut sambil bilang, adiik kakak kangen sama adik hehehe.. tetap tenang.. kata dokter tunggu sampai sakit 5 menitan. Aku udah pup 3 x semalam ini. ya emang pup aja, takpikir gara2 makan nasi tempong pedes, tapi kok pake kayak mens ya.. mana EDD masih 1 juli pula..

3. Tanggal 12 Juni, jam 03.00 pagi, aga khawatir, kok darahnya seger ya.. ga sakit ga kenapa. ya udah lah langsung bawa peralatan untuk ke RS siap lahiran dan bawa birth plan. Cus deh naik taksi jam 3 dini hari. Sampai sana masih bukaan 2, ga boleh pulang. Iya sih takpikir, klo pulang trus tiba2 bukaan besar, jauh pula. ya udah bobok aja di RS sampai subuh.. habis itu jalan2 di dalem kamar, suruh observe lagi jam 9 pagi.. biar ketuban ga pecah duluan.. dan tenangnya hatiku jam 7 pagi, dokter visite, dan dibilang kepala udah di jalan lahir, alhamdulillah.. pak dokter say Assalamualaikum adek… hemmm tenang hati ini.. ada suami, ada dokter

4. 12 Juni jam 16.00 bukaan 6-7 gitu, udah mulai tuh rasanya mules2.. hehehe.. tetep aja bilang ke suster, suster saya mau mandi #sok-sok an.. dan ga kuat lagi.. berbaring aja bobok, entah mengapa saya ngantuk sekali..

5. Jam 17.30 udah mulai nih makin sering makin sering, keluar lendirnya udah kayak makin sering.. tapi ga dicek bukaan takut ketuban cepet pecah

6. Jam 18.00 – 19.00 udah ga nahan pengen pup rasanya hehehe.. dibawa deh ke ruang WB. aku emang pesen, sebenrnya klo WB itu bukaan 6 boleh masuk, aku bilang minta bukaan lengkap masuk, biar his ga ilang. takutnya kelamaan di air. dan aku dibawa ke ruang WB, sambil meremas2 tangan mas helmy hehehe.. hemmm mules2 pengen pup pengen pipis, lagi mens campur aduk. tetep sambil alhamdulillah, istighfar .. Ruang WB itu nyaman banget, ada sofa, ada aroma teraphy, ada musik2 yang menenangkan..

7. Jam 19.00 ketuban pecah spontan langsung masuk bak.. di situ udah ga bisa ditahan pengen ngeden.. sampailah dokter hariyasa dateng (aku tau dia lagi praktek), dan proses begitu cepet, dokternya sama sekali ga masukin tangan dia ke bak, suster dan bidan juga nggak. Jadi posisinya suami masuk kolam juga duduk dibelakangku, aku dipangku, kakiku ditahan..ditarik, dokter mengaba2 dari atas,, kapan saatnya ngeden dan kapan nggak boleh. ngeden 2x, dan ga ada kata2 selain Allahuakbar, Allah Maha Besar, si adek lahir sendiri, tanpa ditarik, tanpa ngeden yang hebat, klo aku lagi ga ngeden, bener lho kepala itu keluar sendiri, dan brujulll langsung secepat itu dia diangkat dokter untuk IMD, sambil suamiku meluk dari belakang, kita berdua takjub, sambil aku ga henti2nya ngucap Alhamdulillah, Allahuakbar, Subhanallah.. Dokter langsung bernyanyi Happy Birthday.. congratulation mba dewi…πŸ™‚.. yak.. sudah sirna anggapanku di dalam kolam itu bakal ada darah2, ternyata tidak, dan proses itu sangat cepet, jadi tidak sampai si anak itu menghirup air, karna placenta belum diputus, otomatis si adek masih bernafas seperti saat di dalam perut. melalui placentanya.

8. Selanjutnya.. proses melahirkan placenta, sambil IMD, dilakukan di atas, agak ngeden sedikit, langsung keluar. Karna aku ngeden sebelum waktunya, jadi ada sobekan sedikit, yang harus dijahit dikit. dan tidak dibius sodara2… kata dokter bener2 alami, cuma dikasih aquades atau apalah itu.. hemmm.. ya rasanya kaya dicubit, teriak dikit2, sama mas helmy dielus2, suruh sabar bentar.. udah slese, adik dihangatkan dulu, dipakein baju dan diperiksa dulu.

9. Nah, ditawarkan untuk lotus birth.. nanti klo ga bisa boleh dipotong.. dan bener lotus birth aja deh.. karna ternyata dikasih tempat biar ga bawa2 baskom, bayanganku dulu itu bawa2 baskom. Jadi bawa tas kecil isi placenta..

lotus birth

mirza

10. Setelah 2 jam, baru masuk ke kamar, room in.. si adek langsung kita urus sendiri, pertama kali nangis takpikir minta nyusu, ehh pipis, eehh pup.. hemmm suamikuh.. langsung tanggap.. dia sudah terampil.. tau perjuangan istrinya, jadi makin disayang hehehhee :*

11. 13 Juni 2013, jam 8 pagi, aku dan adek udah mandi udah bersih, dokter visite, dan taraaaa boleh pulang… senangnya…

12. Lotus birth tidak ribet, placenta pupus di hari ke 5 pagi.

13. Hari ke 6 adik kuning, bilirubinnya 14.5 karna panik, aku pilih untuk fototeraphy, efek positif lebih banyak dari pada keribetan ngasih asi perah, dan perahan asi juga lumayan banyak, dan adik mau donk pake asi perah di botol.. di hari ke 6 sekali perah, 2 jam sekali seperti ini

IMG01555-20130619-1019

14. Periksa ke dokter Hariyasa, tentang kandungan dengan hasil semua baik… alhamdulillah, smooth landing katanya ahhh apalagi itu

IMG01572-20130625-1716

Dan begitulah cerita kehamilan dan cerita melahirkan di dalam air dengan metode water birth si adek … selamat ya adek.. semoga sehat selalu aamiin..

momo kecil

3 thoughts on “Melahirkan di dalam air dengan metode Water Birth

  1. assalamu’alaikum.
    salam kenal dan hangat.
    selamat ya mb.. barokallohu fik, mg jadi anak sholeh.
    mb, mf banget mengganggu wktu m disela ksibukan m..
    sy sdg mengandung tua. mau tanya m, cara merawat lotus birth bgmn ktk d rmh.
    sy jg hub bunda yang lain, yang LB, beda” m.
    m ndiri gimana. m, itu tasnya kyk tas mukena ato parasit ya… hihi. makasih m atas jwbnya.
    mohon pencerahan m
    kl ada whatsApp ini nope saya 085878900152 dan 085326694661, line chat id hakam.farah dan id ahmad.sun. FB(tpi byk lemot bk kl lwt hp) p indah p. lbih cpt line ato wa. tx m.
    wassalamu’alaikum

    • Waalaikumslm mbak,

      Cara Perawatan LB:
      – Dicuci setiap pagi dan sore
      – Setelah dicuci ditaburi garam
      – Kemudian dibungkus dengan under pad
      – Dimasukkan ke dalam tas spt tas mukena berbahan semacam taslan yg waterproof
      – Selalu jaga Jarak Tas dg Perut Bayi agar pusar ga ketarik-tarik
      – Bayi dimandikan terlebih dahulu sementara Tas dipegangin org lain
      – Saat mencuci tali pusar menggunakan kasa steril + alkohol
      – Plasenta dicuci dengan menggunakan air hangat

      Semoga bermanfaat,
      Dewi

  2. Sis, aku rencana mau lahiran di hb bali sm dokter hariasa jg, itu sis lahirnya juni 2013 yaa… Financialnya total2 habis berapa? Itungan di kasir..πŸ™‚ soalnya td aku baru ditlp suami skrng 9 jt aan😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s