Toilet training : Bye Bye Diapers

Alhamdulillah, waktu yg ditunggu datang juga, saatnya bilang bye bye diapers..

Begini ceritanya,

  • Udah dari lama, niat lepas diapers, tp karna satu dan lain hal alias pembenaran ibu pemalas, hehe, ga secara bulat diniati dimulai.
  • Mungkin udah digariskan demikian, tepatnya awal bulan juni, pas stock diaper habis bis -soalnya biasa nyetok diaper mpe 4 bln an -gr2 si hyper**** suka kasih disc si hugis yg pull up pants- jadi niat bgt ga nyetok, dimulailah petualangannya
  • Memang bener, nyetok diaper banyak2, bikin malas n enggan memulai, so jgn pernah terbuai disc diaper
  • Kaka ga aku pakein training pant, dg alasan biar aja kemana2 luberan pipisnya (jorok ya?hehe), biar dia makin kerasa bahwa pipis sembarangan ga enak, bau, basah, bikin kepleset. Benar, semakin ga nyaman, semakin kuat sensor pipisnya, semakin cepat belajar. Emang sih perlu ekstra, ekstra nyuci, ngepel n bersih2 rumah
  • Cara belajar pipis di kamar mandi, awal2nya dia ga mau keluar pipisnya pas dibawa ke kmr mandi, nangis,  ogah2an. Aku siasati, tiap aku bw buat pipis, aku pancing2, pake keran, pake bilang cur cur, lama2 dia bisa kepancing,  tp buat jadwalnya, aku sesuaikan dg jdwal kita pipis, jd tiap aku pengen pipis, skalian aku jg ajak dia, aku bilang, ibu pipis, kaka juga ya, tp kaka berdiri karna laki2. Bener, 2 hari udah terbentuk sendiri jadwal pipisnya.
  • Tiap bangun tidur, aku ajak pipis, nangis2 udah pasti, tp kyk kita aja klo bangun tidur kan krasa bgt, jd habis pipis dia jd lega, n ga nangis lagi. Mau bobok pun jg harus pipis. Pas malem2, kalau boboknya mulai resah, aku pipisn jg, bener emang pengen pipis.nangis udah pasti,tp kasian klo ga dipipisin, kaka bukan tipe anak yg boboknya ngompol. Kalau kelamaan kan sakit, trus pernah aku capek, ga ngeh awal2nya, trus dia lama banget gulang guling,lama2 diem, ehhh ngompol, hiks.. tapi besoknya udah ndak lagi
  • Butuh waktu 1 minggu dari bener2 lepas diaper, ngajak pipis di kamar mandi, sampai terbentuk pola pipis yg teratur
  • Setelah 1 minggu itu, aku masih belum berani ngajak pergi, takut pola n sensornya lemah, karena 1 x aja dia dipakein diapers lagi, langsung deh sensor nya hilang, karena kan baru belajaran
  • Nah tanggal 19-20 kemarin, terpak pak sa nih, aku harus menjalani med tes di prodia, sementara yg jagain kaka di rumah ga ada, aku pun ga bisa pergi sendiri soalnya ndak ada angkot, n aku belum bisa naek motor, hehehe, akhirnya diboyong lah, kaka dan bapaknya ikut nemenin ibunya ke prodia. Med tes perlu waktu > 2 jam, pas mau berangkat aku pipisin dulu, pas di sana ga dipipisin, nyampe rumah baru dibuka, dan eng ing eng, bersih/kering, trus dia baru pipis di kamar mandi. Pas hari berikutnya, untungnya makan waktu juga 3 jam an gt, n bapaknya udah aku wanti2, nanti klo kaka pengen pipis, dipipisin lo ya, toiletnya kering kok, jd bersih, dan dia malah asik sendiri lihatin brosur, asik2 nanya2 bapaknya, soalnya banyak barang baru hehe, trus asik lihat mobil di jalan. Jadi nyampe rumah juga, kita baru pipisin.
  • Kalau dia kepengen pipis ngomong kok, meski banyak enggaknya hehe, karna aku udah aware, siap2 nih bentar lagi mau pipis nih, jadi buru2 aku bawa ke kamar mandi. Kalau dia ga bilang n udah kebelet dia udah mesti turun dari kasur, kakinya didempetin atau lari ke deket kamar mandi, trus weeesss..  Maklum lah, kan kaka belum bisa mlorotin celana sendiri, begini aja aku udah bangga sama kaka, quick learning sayang :*
  • Nah pupup nya yang agak susyeh, awal2 kenapa aku terus pakein celana kacamata dr pada celana pendek biasa, karna klo misal nih, darurat, ndak sampe kemana2.. ihiii jangan dibayangin ya. Dan sekarang, dianya udah tau, kalau mau pup, bilang, bu pipis, tapi pegang pantat, trus ngajak2 ke kamar mandi, sambil suruh bawain mobil2an, karna dia mau jongkok sambil main air n mobil. Nahhh dia udah tau nih, eok itu yeyek, bau, makanya klo celananya kena e eok dia mesti ga boleh, suruh kash air, siram katanya, jadi klo mau pipis/eok, dia mesti minta lepas clana dulu
  • Ehh dia udah pake celana dalam sekarang, seneng deh, katanya pakai nana obim, clana dalam gambar mobil hehe, murah lagi 1 pak 3 biji, 28 rebu, bahanya adem,karetnnya ga sakit,meski ga merk
  • Nahh udah selesai lah tugas toilet training yang awalnya jadi momok menyeramkan..
  • Intinya, kalau mau toilet training, buang jauh2 stock diaper, jangan memaksa nanti trauma, lebih baik mencontohkan bukan mengajarkan, siapkan tenaga n kesabaran ekstra karena anak2 itu ga bisa dipaksa,
  • Semakin dini melepas diaper, semakin dini juga belajarnya, semakin dini pula umur bebas diapernya. Kita ga bisa maksa anak bebas diaper dalam artian bisa mandiri pipis sendiri. Semakin dini, semakin perlu ketlatenan buat mendampingi, karna sebelum anak bisa jongkok dengan stabil, sebelum dia bisa berdiri dengan stabil, belum bisa jalan dengan lancar, semakin perlu ekstra hati2 dalam melatih anak pipis/pupup di kamar mandi. Meskipun sekarang kaka udah bebas diaper, bukan artinya kita bebas tugas, tetep harus kami yang aktif membantu dia pipis/pupup di kamar mandi, sampai dia benar2 bisa mandiri.
  • Dan PR selanjutnya, adalah menyapih, sekarang lagi dag dig dug hari ke 2 menyapih, tunggu hasil selanjutnya ya hehehe…

One thought on “Toilet training : Bye Bye Diapers

  1. yess,tks sharingnya,betul sekali kita harus sabar dan mau capek! anakku usianya 17 bln lg dilatih lepas diapers,semoga sharing tadi jadi penyemangat untuk bersabar. hehehehè

Leave a Reply

