Semoga bukan awal ‘Terrible Two’

Beberapa hari dibuat spaneng sama kaka. Ada2 aja, makin pinter tentunya, ini dia tambah pinternya kaka beberapa hari ini :

1. Menolak ke kamar mandi buat pipis,
Nahh biasanya klo bangun tidur pasti mau dibawa ke kamar mandi, “pipis dulu ya kaka..” manut pipis, jadinya diapersnya dipakein pas habis mandi sampe pas dia pupi aja, selebihnya kering karna klo mau bobok sama bangunnya mau ditatur pipis. Dan beberapa kali ini aku coba toilet training, aku sengaja ga pakein diapers, jadi klo pipis kerasa, nahhh malah apa yang terjadi, dia pipis di satu tempat idolanya (dimana itu, tidak usah diceritakan, ihhh), dan klo habis pipis mesti bilang “nih pispis, pispis” sambil nunjukin tempatnya, n clananya diplorot2in minta diganti, dan parahnya sekarang klo misal mau ditatur pipis tiap 1 jam setelah mimi air putih, dia pasti menolak “kaka.. ayo pipis ke kamar mandi yuk?” jawabannya “emoohhh moh moh”.. pas di bawa ke kamar mandi juga ndak mau turun dan ga keluar pipisnya. Nahh pas udah di luar kamar mandi, benar lahh keluar kan pipisnya .. waduhhhh mana seminggu ini hujan terus, kan klo kena pipis celana harus dikucek bolak balik, sampe bersih bener baru masuk mesin, n pengeringpun ga bisa hari itu juga kering klo misal hujan sepanjang hari kan.. waduh belum sanggup aku Ba, beliin diapers lagi deh :((

2. Menolak Makan Nasi
Ada lagi nih acaranya, pake nolak maem nasi beberapa hari ini. Dari yang dibuatin menu kesukaan dia (tempe goreng, bakso sama ayam goreng upin), klo udah keliatan nasinya, pasti disisihin. Saking jengkelnya, kemarin aku biarin aja sejak pagi, trus aku masak lodeh manisa (lodeh favorit dia pas doyan makan), sama goreng tempe. Ehmm bau2nya kan enak tuh, aroma daun salam sama lengkuas ditambah tempe lagi digoreng, nahhh jam 11 siang dia laper kayaknya, beneran kan dia minta maem.. maem sendiri malah ckck.. ehh takpikir sorenya lahap juga, ehhh tetep aja. Padahal aku ga kasih dia maem berat. Haduh stress mikirnya, jadi males masak, ga mood ngapa2in. Padahal yang ga doyan maem nasi cuma kaka, tapi moodnya kemana2.
Jadinya, aku beliin aja tawar gandum, buatin spageti trus dikukusin kentang kecil2, sama aku buatin jus. Gitupun masih pilih2, klo roti tawarnya ga keliatan ada keju2nya pasti disisihin.. nah bagian yang kejunya ngumpul, dimakanin kejunya dulu baru dimaem semuanya hohoo… enek2 wae😦

3. Ga mau bobok cepet
Yang ini ga jelas juga penyebabnya pastinya apa, pokoknya klo malam, dia maunya maen terus, klo mau bobok, meskipun lampu luar udah mati, tetep aja, dia masih nyari2 mainannya. Mungkin karna maemnya aga susah, jadi masih kerasa lapar, trus ga ngantuk2 deh, tapi herannya, energi buat mainan kenapa berlebih ya, sampe badannya lengket kringetan gitu. Nah pas kita berdua udah merem duluan, soalnya kita udah ngantuk banget, dianya malah ngambeg, rewel, gendong terus, diajak main lagi ga mau, dinenenin ndak mau, maunya gendong. wedew.. cuma gara2 begini bisa rewel ga karuan..

4. Klo udah mandi ga mau berhenti
Kebalikannya pipis yang ga mau diajak masuk kamar mandi, ini klo mandi, udah di kamar mandi, ga mau keluar, malah airnya buat mainan. Sebenernya ga papa, toh airnya ga dingin2 banget, cuma takut kepleset. Dan bandelnya, nanti klo aku udah bilang, “kaka, mandinya cepet, ikut jalan2 ga?” whiii langsung keluar kamar mandi, ganti bajunya cepet, trus ambil sandal.. keluar rumah, pagar selalu aku kunci sih, cuma kadang ga enak aja, dikira ga dikasih keluar rumah, diledekin “yee adik kaka dikurung” duhhh dalam hati, ga tau apa ya, tante itu repot sendirian, klo adik kaka keluar tante harus ngikutin, mana dia klo udah maen di luar suka susah diajak masuk hiks ..

5. Cengeng
Dikit2 nangis, dan nangisnya kenceng lagi. takutnya dikira lagi aku apa2in. Padahal dari lahir, dia nangisnya udah kayak digigit semut. Nahh akhir2 ini, pas siang2 suka nangis kenceng gitu, padahal sepele, misal, aku ke tinggal ke kamar mandi bentar, dia baru bangun tidur trus ga ada ibu disampingnya, ada bunyi hujan deres tiba2, atau aku kaget apa gitu, haduhhhhh.. Sampe sama ibu2 itu suka ditanya, kenapa kaka nangis kenceng gitu, ya ampunn aku cuma bilang, iya nih bu, dia dari lahir emang gitu, cuma akhir2 ini entah kenapa jadi cengeng banget..

Semoga hanya itu aja dan segera balik normal lagi, amiin. Aku sendiri yg harus banyak introspeksi, mungkin aku sendiri yang lagi ga enak hati jadi nyetrum ke dia, mungkin aku masaknya kurang enak, ato aku yang kurang sabar, padahal masalah2 sepele, karna akunya yang ga sabar jadinya merembet kemana2. Pas aku nulis ini, baru aja dia nangis hampir 1 jam, gara2 aku hukum (makanannya aku ambil, dia langsung aku tinggal ke kamar mandi trus aku diemin), masalahnya sepele, dia nglepeh2 makanan, n milih2in antara nasi n jagung manis di makanannya. Mungkin akunya aja yang terrible mom. Moga2 aja, aku bisa introspeksi. Klo ga begitu mau siapa lagi, yang paling tau tentang seorang anak adalah ibunya sendiri.
Kadang aku sendiri kok yang bikin rumit, ga mau makan harusnya biasa, aja toh dia mau maem yang lain. Ga mau pipis sendiri palingan ya nanti lama2 dia ga betah sendiri sama bau pipisnya asal tetep dilatih. Cengeng n aga membangkang mungkin juga karna dia di rumah sendiri trus lagi pengen lebih diperhatikan. Mau gede intinya, mau pinter. Semoga kami makin diberi kesabaran, makin diperkaya ilmunya biar pinter ngrawat n mendidik kaka, amin2 ya robbal alamin..
Ehmm sedikit lega udah curhat di sini..

Leave a Reply

