Brownies (yellownies) kukus keju

Gara2 harus ngabisin orchid butter yang hampir kadaluarsa, mana masih 200 gr, hiks.. jadi semangat bikin brownies lagi. Padahal udah ga mood bikin, setelah selalu gagal. Oiya, salah satu penyebab gagal itu mungkin karena memang aku skip pemakaian cake emulsifier dan baking powder, alasannya ibu mertua tersayang alergi dengan semua bahan aditif hihihi.. selain itu, belum ketemu label halal di cake emulsifier yang aku temui di beberapa toko. Nah ini hasilnya, komposisi brokus keju ala pak Sahak yang telah dimodifikasi :

Bahan A :
– 100 gr gula pasir
– 3 butir telur (suhu ruang)
– 1 kuning telur (suhu ruang)
– 1 sdm susu kental manis

Bahan B :
– 60 gr tepung terigu protein sedang
– 20 gr tepung maizena
– 40 gr susu bubuk

Bahan C :
– 100 gr butter (aku pakenya unsalted, karena kejunya udah asin) lelehkan pada suhu ruang

Bahan D :
– 250 gr cheese cream (aku bikin sendiri, 100 ml susu UHT dimasak (pakai api kecil banget) hingga hangat, masukkan 150 gr keju cheedar parut aduk sampai mengental)

Cara membuat :
– Siapkan kukusan, tutup dilapisi serbet bersih agar uap air tidak jatuh pada adonan saat mengukus. Siapkan 2 loyang ukuran 15 x 10 x 5, oles dengan margarine.
– Bahan A : Kocok telur dan gula (pertama speed 1 sampai tercampur rata), kemudian masukkan 1 sdm SKM (naikkan kecepatan mixer sampai sedang), kocok sampai mengembang (percobaan kemarin sampai warnanya putih, kental, dan berjejak).Matikan mixer.
– Kocok bahan C dan D sampai benar2 tercampur rata.
– Masukkan bahan B yang telah diayak ke dalam bahan A, aduk, dengan teknik aduk balik, pakai centong nasi, atau spatula besar, jaga agar gelembung udara pada telur tidak kempes. aduk sampai benar2 merata.
– Masukkan campuran adonan C dan D pada adonan di atas. aduk hingga tercampur rata. Masukkan adonan pada loyang yang telah disiapkan. Masukkan loyang pada kukusan, buka dulu kukusan kurleb 5-7 menit, setelah itu tutup kukusan dan kukus selama kurleb 20 menit dengan api sedang. Setelah matang, keluarkan dari kukusan, biarkan hingga dingin, biar mudah dilepas (pengalaman gitu sih.. mungkin juga karna margarine nya olesnya pelit makanya susah, tapi so far brokusku ga kempes kok meski dibiarin di loyang sampe dingin).

Catatan :
– Pernah baca pengganti cake emulsifier itu adalah susu kental manis, pernah baca juga klo ditambah aja dengan 1 kuning telur.
– Pernah baca juga, cara mixernya klo misal pake stand mixer, harus dibantu pakai spatula, supaya gula di bawah bisa tercampur rata, makanya kemarin aku lepas aja standnya,jadi pake hand mixer aja.
– Baca juga nih, katanya baskom buat mixer, sebaiknya berbahan stainless, bukan plastik, karena plastik bisa menghambat telur untuk mengembang.
– Ada juga triknya, katanya biar bisa ngembang, baskom tempat adonan dikondisikan hangat, jadi pada saat mixer, baskom adonan direndam dalam air hangat.
– Oiya, ini aku pernah baca biar permukaan kue nya mulus, untuk resep ini katanya ngukusnya harus dibuka dulu kurleb 5 menit..
– tekstur brokus ini memang padat dan moist banget, karena campuran cheese creamnya lumayan. rasanya ngeju banget enak pokoknya.. nyam nyam nyam..

Sumber bacaan2nya banyak, kira2 ini yang sering aku kunjungi klo bikin brokus ini : cakefever.com ; milis NCC ; blog arcawinangun.

Untuk foto akan menyusul, kemarin ga sempat foto, keburu habis. Tenang2 masih ada 100 gr lagi butternya, fotonya coming soon. Ini buru2 ditulis biar ga lupa komposisinya. .. maklum, kokinya koki jadi2an, jadi kue hari ini bisa beda dengan kue besok2nya, padahal semua komposisi nyontek di 1 sumber *heran

2 thoughts on “Brownies (yellownies) kukus keju

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s