Toilet Training : antara celana dalam dan training pant ?

Kaka udah 18 bulan, dan sudah mulai setiap telpon utinya, ditanyain, “kaka wis iso pipis dewe nduk?”, hmmm..
Mulai deh, sekarang makin berpikir keras gimana caranya buat ngelatih kaka pipis.

Dari obrak abrik beberapa referensi tentang toilet training, yang pertama pasti harus menjauhkan yang namanya pospak jika ingin berhasil, karena pakai pospak si anak pasti jadi ngrasa nyaman aja pas pipis (alias ga kerasa ada yang aneh klo misal pipisnya ga lepas celana).
Tapi, yang jadi masalah, ketika si pipis itu bercecer di lantai dan berakibat kaka kepleset, selain itu kan najisnya itu yang ga nahan pasti harus dibasuh dipel oh tidaakkk..

Training Pant
Nah mulailah aku pikir gimana klo pakai training pant, yang pastinya si anak bisa krasa pipis, tapi juga ga nyecer kemana2. Nah dari beberapa review di forum2,
1. beberapa merk training pant masih buatan luar, alias import dan pastinya harganya juga ga murah, dari yang aku nemu kemarin paling murah merk disn** isi 3 harganya ada yang jual 95 rb (sale) – 140 rb-an, ada juga isi 4 merk niss** harganya 180 rb-an, merk anpan*** harganya isi 3 140 rb-an, ada juga yang punya bamb*** mio 1 pc nya 130 -140 rb-an, punya mother**** 3 pc 170 rb-an, dll, ini survey harga kasar aja, di beberapa OS.
2. bahanya dalamnya macem2 ada yang kayak handuk, kaos, polyester.
3. layernya (yang penentu daya serap pipisnya itu, artinya biar pipisnya bisa ketampung dan ga kemana2 perlu layer yang tebaaall apalagi buat kaka yang udah gede), layer ada yang 3, 4 dan pernah baca juga ada yang 6. nah lo, makin bingung, kebayang, kita aja pake pembalut pilihnya yang tipis karna klo tebel2 ga nyaman, apalagi ini.. dan dari baca2 beberapa komentar ibu2, pengalaman pada banyakan ga nampung pipis, dan akhirnya tumpah2 juga, entah lah mungkin perlu yang mahal kali ya hehe.. selain itu juga, ada yang bilang klo ketebelan, si anak susah buat belajar buka sendirinya, hehe bener banget..
4. karena training pant itu bukan pospak yang bisa digunakan beberapa kali pipis dalam rentang 6 jam, jadi celana yang diperlukan ga hanya 2-3 dalam 1 hari, belum lagi klo ga ada panas, bisa2 hitungannya begini : x kali pipis hari ini + x kali pipis besok + cadangan = ??? wuahh $$$$

Celana Dalam
Nah ini kan tujuan utama kita, nantinya anak2 kita bisa pakai celana dalam tanpa ngompol, bukan pospak at au training pant lagi. Nah menurutku untuk celana dalam itu :
1. buatan lokal juga udah bagus, asal bahan dan jahitannya halus, nyerap keringat dan adem dipakai
2. harganya lebih murah, ada yang model kartun2 bahan katun, 1 pak 29 rb-an (isi 3), dan klo sehari perlu pipis berkali2 pun juga hitungannya tetep lebih murah
3. model bermacam2, warna, karakter kartun, dll, dan tentunya lebih ramping dibanding training pant
4. kelemahannya memang pipis pasti bercecer dimana2, perlu ngepel tiap kali dia ngompol, harus dijaga esktra biar ga terpleset pas si anak ngompol, dan pastinya lebih perlu tenaga ekstra dan hari ekstra sabar untuk menghadapi hari2 begini ini
5. dari kekurangan itu, si anak akan cepet belajar, lebih merasa ga nyaman klo ngompol, karena yang basah bukan hanya celananya, tapi juga kaki, tempat mainnya, bajunya

Dan kesimpulanku, aku memilih langsung pakai celana dalam saja dan untuk mengatasi bocornya kemana2, kembali lagi ke cara lama pas kaka masih bayi (0 – 8 bulan), pakai celana dalam + popok kain yang dilipat ramping diselipkan di celana dalam kaka, meskipun masih bisa kemana2, tapi bisa meminimalisir pipis yg jatuh ke lantai. moga2 dengan gitu jadi cepat belajar. amin2..

untuk referensi bacaan dari forum TUM dan MD.

One thought on “Toilet Training : antara celana dalam dan training pant ?

  1. Pingback: Toilet training : Bye Bye Diapers « dew's

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s