Nabung lagi..

Whuaa.. setelah lihat melihat rumah, sekarang lihat melihat sekolah, tenggorokan jadi makin geli..

Lalu investasi apa ya yang bagus buat pendidikan, tentunya selain asuransi dan tab pendidikan, klo yang itu sih udah banyak yang bahas ya, hanya saja kurang liquid dan rate of returnnya apa masih sanggup mengcover biaya pendidikan ntar ya? Tapi tetep, asuransi sebagai investasi itu wajib hukumnya, jika kita memang benar2 sayang anak, dan mempersiapkan segala kemungkinan terburuk, asuransi paling top klo ini.

Nah menurutku alternatif lain untuk mengcover tingkat kenaikan biaya pendidikan vs tingkat return investasi asuransi yang ga pasti, salah satunya dengan emas. Kenapa memilih ini?
1. Kita lebih fleksible membeli emas, bisa dalam satuan kecil sekalipun, jika masih punya uang 1 juta, bisa dibelikan cincin 24 K saja, asal tetap bisa nabung. Nanti dari cincin2 itu, bisa ditukarkan diganti beli emas dalam bentuk koin ada 5gr paling kecil, nilai jual kembalinya lebih tinggi jika dibanding jika dirupakan perhiasan, karena perhiasan biasanya kena potongan ongkos.
2. Nilainya sangat liquid, in case, ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, bisa dijual dengan cepat, seperti punya uang tunai.
3. Nilai emas, cenderung lebih stabil dan terus naik dibandingkan investasi lain.
4. Membelinya mudah dan biayanya ga segede biaya investasi lain pastinya. Hanya saja memang nyimpennya harus hati2, barangnya kecil, nilainya besar. Tapi jangan khawatir, bisa dititipin di Safe Deposit Box, dan tinggal dibanding2in aja, kira2 yang kita punya sama biaya SDB-nya masuk akal apa ga. Toh kan ga hanya emas saja yang disimpan, bisa sertifikat rumah, surat berharga, polis asuransi, ijazah, dll..
5. Emas dalam kondisi normal memang naiknya tidak terlalu besar, tapi menurutku cenderung stabil. Nah pada saat terjadi krisis misal, nilainya akan naik drastis, hal ini justru yang jadi pemikiranku, ketika terjadi kondisi krisis ekonomi, dimana apa2 mahal, sudah dapat dipastikan sekolah anak juga mahal, nah klo simpanan kita ga bisa mengcover kenaikan ini, sementara kebutuhan sekolah itu merupakan kebutuhan pokok, bisa2 berantakan kan kondisi keuangan kita. Makanya emas bagiku tetep terbaik.
6. lain2 bisa dibaca di sini dan di sini . Dari kedua bacaan itu memang ya, udah ga diragukan lagi, emas memang bisa jadi penolong disaat keadaan terpuruk.

Momentnya nulis ini emang pas banget, seminggu terakhir harga emas sempat turun, setelah beberapa bulan terakhir ini harganya cenderung naik dan stabil. Hari ini harga emas di sini , per hari ini sudah mulai naik. Alhmadulillah beberapa hari lalu aku masih sempet beli, hihihi yah kayak juragan emas deh kipas2 … Soalnya pernah juga dulu buka tabungan BCA Dollar, pas buka rame2 tuh beberapa anak di divisiku ambil BCA Dollar, lupa waktu itu beli pas dolar > 9000 aja, nah lo habis itu turuuunnn terus sampe hari ini nih.. :((

Nah untuk pendidikan kaka, aku ini hanya survey kasar2an, dari tanya2 teman, baca2 berita, baca milis2 ibu2, hehee.. dipantau aja, hari ini umur anak berapa, misal untuk masuk play group biayanya Rp. 7 juta (pengalaman kakak sepupuku masukin play group Al Azhar Bintaro tahun 2010.. hihihi mahal ya?). Dari Rp. 7 juta itu kira2 klo digramkan dengan emas 24 K jadi berapa gram. Dan butuh berapa tahun lagi buat masuk play grupnya. Nah, dari hal kecil misal, dari sisa uang belanja bulanan, atau dari uang sangu2 kemarin pas kaka lahiran sampe lebaran, dibeliin emas aja. Nah selebihnya, pastikan tabungan keluarga selain asuransi, sebagian harus disisihkan untuk “emas sekolah”. Pas udah ngumpul berupa gelang atau koin misal, tar dikasih label, “play group-kaka”, “TK-kaka”, …”Kuliah-kaka”. Begitu seterusnya..

Hmmm semua ini hanya rencana dan pemikiran makhluk-Nya, selebihnya Allah lah yang berkuasa menentukan nantinya. Semoga Allah selalu meridhloi segala ikhtiar, rencana, dan setiap langkah kami.. semoga Allah selalu memberikan kami kelancaran rejeki yang berkah.. Aminn ya robbal alamin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s