Saya tidak nakal ibu

19 oktober 2010

saya tidak nakal, ibu
hari ini kaka mulai menunjukkan sikap tidak proaktifnya lagi
sejak pagi, sudah mogok sarapan, maunya main di halaman rumah, minum susu pun pakai acara main-main
pengen marah, tapi pada siapa
pengen mencubit, tapi tidak tega
pengen membiarkan dia main di luar, tapi kawatir
pengen membiarkan hari ini dia tidak sarapan, takut masuk angin
pengen membiarkan dia main susu UHT, takut nanti badannya kotor bau susu
hhhhh serba bingung
akhirnya aku pun masuk kamar dan mengunci diriku di dalam kamar
alhasil, diapun nangis sambil teriak2
duh, kasihannya anakku ini, tapi aku bingung perilaku apa yang seharusnya aku lakukan untuk menghadapinya

setelah saya merenung, sambil menulis di blog ini, saya mulai mengidentifikasi lagi
apa saja sih pemicu kejengkelanku pagi ini,
1. mogok sarapan, kira-kira kenapa ya? menunya kah, menu hari ini sayur bayam + jagung manis dan tempe?ehmm sepertinya dulu dia suka.. kupikir masak mau menurutinya tiap hari makan nasi mentega + scramble egg lagi? sepertinya dia tidak suka, baiklah akan aku coba nanti siang lagi, jika memang tidak mau mungkin itu masalahnya. Ehmm atau dia masih belum lapar? ahh mana mungkin, dia minum asi jam 3 pagi tadi, dan sarapan dilakukan jam 7.30 dia belum menyentuuh makanan apapun.. ehmm atau giginya lagi ada yang mau tumbuh? sepertinya, tadi malam maem nasi goreng, mangga, tomat dia baik2 saja.. atau ahh aku lihat lagi nanti
2. maen ke halaman rumah, kira-kira kenapa ya? kenapa aku tidak mengijinkannya? sepertinya baik2 saja, pagar udah aku gembok.. oh iya, pagar kami memang banyak karatnya, pemilik rumah berkali-kali berjanji membenahi pagar, tapi tinggal janji, hingga masa sewa kami tinggal 3 bulan lagi, baiklah, besok akan aku cat aja yang sebagian berkarat itu.. ehmm tapi, apakah dia langsung tertib mau masuk rumah begitu siang sudah datang? ehmm kita lihat saja besok..
3. klo minum susu UHT, sedotannya selalu dimainkan, sampe tenggelam. hummm klo yang ini memang dia lagi iseng aja, setelah itu klo susunya tumpah ke lantai, bahagialah dia, bak main di kubangan. ehmm anak2 sekali.. baiklah, nanti aku ajak saja main air pas siang2.. dari pada main susu UHT dan rumah jadi kotor dan bau amis😦

sebenarnya apa yang terjadi di usia 15 bulan 1 minggu ini, saya jadi penasaran
dan menurut yang aku baca memang dia sedang butuh banyak perhatian

apa yang terjadi siang ini
1. makannya bagus, meski tinggal 2 sendok lagi
2. tidak ingin main di luar sementara ini

apa yang udah aku lakukan pada saat dia bangun tidur tadi
1. menggendongnya dan mengajak main di aquarium sampai dia puas
2. mengajak main kereta api, main truk, main bengkel2an, sudahlah lupakan cucian dulu hehe
3. membiarkan dia makan sendiri, aku pun juga makan sendiri di piring ku, tanpa disuapin, meski akirnya aku suapin, maunya pake tanganku bukan sendokku, padahal berkuah duh ga papa deh sayang🙂

baiklah, memang anakku bukan anak nakal, hanya ingin ibu perhatikan lebih saja
hemmmm maaf ya sayang
ibu itu sayang sekali padamu, tapi emosi ibu kadang ga stabil
kadang ibu mengabaikanmu
semoga nanti, besok dan seterusnya, ibu akan selalu selalu mencurahkan seluruh perhatian padamu
miss u kaka :*

sumber bacaan : http://www.babycenter.com/0_your-15-month-olds-social-and-emotional-development-pay-atte_1213392.bc

Leave a Reply

